Sabtu, 23 Juni 2018

Tips Kelola Keuangan Dengan Mudah


Di era yang serba digital, semua lini kehidupan dibuat seakan jadi lebih mudah. Apa yang kita butuhkan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan, kita tidak perlu keluar rumah untuk sekadar beli cemilan. Semua bisa dilakukan online lewat gadget yang kita miliki. Ya, kita hanya perlu gadget yang terhubung dengan internet.


Sisi positif dari hadirnya era digital, kita makin mudah mendapatkan apa yang kita butuhkan dan kita inginkan. Sisi negatifnya, kita terancam jadi tidak bisa mengatur keuangan kita sendiri. Kadang, gaji yang kita dapatkan hanya numpang lewat. Kemudahan mendapatkan sesuatu, membuat kita mudah juga mengeluarkan uang. Bahkan untuk barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Karena iming-iming diskon separuh harga, kita akhirnya tergoda membeli. 

Mengelola keuangan dengan baik memang butuh kerja keras. Tidak mudah karena memang butuh komitmen. Membuat pos-pos pengeluaran tiap bulannya menjadi cara yang sangat membantu. Tapi ya itu tadi, harus benar-benar komitmen dalam menjalankannya. Tidak mengeluarkan uang diluar pos pastinya jadi hal yang menantang. Kalau awalnya kita sangat mudah mengeluarkan uang untuk beli ini itu, ketika ingin menerapkan pola keuangan yang sehat, kita pasti butuh effort yang lebih. Semacam 'tutup mata tutup telinga' pada hal yang bisa mengganggu keuangan sehat kita. 

Budi Raharjo, seorang financial planning mengatakan setidaknya ada 5 hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan. Beliau menyingkatnya dengan 5T, yaitu;

1. Tata

Tata semua arus masuk dan keluar dari pendapatan kita. Agar rapih, kita perlu membuat pos-pos pengeluaran agar flow keuangan kita berjalan dengan baik. Contoh pos-pos pengeluaran diantaranya cicilan (jika ada), makan, biaya sekolah, arisan, listrik, telepon, air, tabungan. Tidak mengeluarkan uang diluar pos merupakan hal yang harus kita terapkan. Kita bisa menambahkan pos pengeluaran darurat, sehingga untuk pengeluaran mendadak tetap ada budgetnya. 


2. Titi 

Maksud dari kata itu adalah Teliti. Jadi, perlu hati-hati dalam mengeluarkan uang. Jika tidak ada dalam pos, maka sebaiknya jangan dikeluarkan. Tahan untuk tidak membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan. Jangan tergoda dengan diskon walau diskonnya terlihat sangat menggiurkan. 

3. Tutu 

Dari kata Tuntas. Maksudnya adalah, jika mengalami masalah keuangan maka tuntaskan dengan baik. Bagi yang sudah berkeluarga apalagi memiliki anak, mungkin sering dihadapi dengan permasalahan keuangan. Carilah solusi untuk masalah yang sedang dihadapi. Tuntaskan dengan baik. 

4. Tetek

Dari kata tetapkan niat. Maksudnya, jika memang sudah berencana untuk kelola keuangan dengan baik, maka lakukan dengan tekad yang kuat. Jangan mudah terpancing pada sesuatu yang nantinya bakal mengacaukan flow keuangan kita. 

5. Tentrem 

Saat sudah memiliki pengelolaan keuangan yang baik, apalagi sampai memiliki invetasi, maka kita bisa hidup tentram di hari tua. Tidak terlibat masalah keuangan yang membuat hari tua kita jadi tidak nyaman. 

Jika perencanaan keuangan kita berjalan baik, kita juga perlu memikirkan soal investasi. Bagaimana pun juga, investasi merupakan simpanan yang akan bermanfaat di masa depan. Jenisnya apa? silakan pilih mana yang paling sesuai. Bisa emas, properti, saham, reksadana, tanah, logam mulia, atau tabungan. Jika bingung, kita bisa minta advice pada perencana keuangan. 

D-Save, Digital Bank Untuk Wujudkan Perencanaan Keuangan Yang Baik

Semua lini kehidupan kita makin mudah karena kehadiran teknologi digital. Tidak cuma untuk urusan domestik seperti rumah dan kebutuhan lain, akses perbankan pun kini bisa hanya mengandalkan teknologi digital. Hanya butuh gadget dan akses internet, maka kita bisa melakukan aktivitas perbankan dengan mudah. 


Salah satu bank yang sudah menerapkannya adalah Bank Danamon lewat tabungan D-Save. Produk tabungan baru yang diciptkan dengan fitur multiple sub-account, dimana nasabah bisa menyisihkan dananya pada rekening tambahan, untuk kebutuhan finansialnya. 

Tabungan D-Save ini akan membantu siapa saja yang ingin memiliki perencanaan keuangan yang baik, dalam waktu yang panjang. Uniknya dari D-Save ini adalah penggunaannya yang sangat mudah. Kita bisa mengaksesnya lewat aplikasi D-Bank dari Bank Danamon. Aplikasinya bisa diunduh gratis lewat playstore. 

Kenapa Harus D-Save?

Produk baru pasti selalu menawarkan berbagai keuntungan untuk penggunanya. Begitu juga dengan D-Save. Nasabah bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti:
  • Proses buka rekening yang sangat mudah 
  • Bisa buka rekening D-Save atau D-Save Plus lewat aplikasi di mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang
  • Bebas biaya administrasi bulanan 
  • Bebas biaya tarik tunai, cek saldo, dan transfer online antar bank lewat ATM jaringan Prima atau ATM Bersama maksimal 10 kali dalam sebulan 
  • Fitur transaksi terkini lewat Danamon Online Banking dan aplikasi D-Bank

Tabungan D-Save memiliki 2 jenis rekening yang berbeda. Tabungan Utama D-Save dan Tabungan D-Save Plus. 
  • Tabungan Utama D-Save merupakan rekening utama sebagai tabungan untuk bertransaksi 
  • Tabungan D-Save Plus adalah rekening tambahan untuk rencana keuangan atau tujuan finansial tertentu. Tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, dan hanya bisa digunakan jika rekeningnya ditutup. Dengan kata lain, D-Save Plus ini adalah tabungan yang mirip investasi. 
Jika kita punya mimpi traveling, membeli mobil, motor, atau kamera baru, maka tabungan D-Save Plus ini akan sangat membantu. Setiap keinginan punya pos keuangannya sendiri, jadi kita akan lebih mudah menabungnya. 

Tertarik menggunakan D-Save? langsung saja unduh aplikasinya dan ikuti cara penggunaannya. Jika perlu bantuan, bisa hubungi Hello Danamon di 1-500-090. 

1 komentar:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

    BalasHapus