Rabu, 05 April 2017

Lactogrow Happy Wonderland, Arena Bermain Untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak


Salah satu hal yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan tumbuh kemang anak, adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat. Tidak bisa dipungkiri kalau stimulasi yang diberikan secara rutin dan tepat, dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kedua orangtua punya peran penting akan hal ini, jadi bukan cuma tugas ibu saja. Lebih baik lagi jika kedua orangtua punya peran yang sama dalam memberikan stimulasi pada anak.

Selain stimulasi, pola asuh juga punya peran penting dalam tumbuh kembang anak. Pola asuh yang baik maka akan menghasilkan anak yang baik juga. Begitu sebaliknya. Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi., ACC pada press conference Lactogrow Happy Wonderland mengatakan kalau waktu yang berkualitas di dalam keluarga, terbukti memiliki efek yang signifikan terhadap perilaku sosial, emosional, dan perkembangan kognitif anak.




Apa yang dimaksud dengan waktu yang berkualitas? Waktu yang berkualitas adalah waktu yang dimanfaatkan sebaik mungkin tanpa ada gangguan. Maksud dari tanpa gangguan adalah tidak ada obyek lain yang menghalangi interaksi antara anggora keluarga. Jangan berinteraksi dengan gawai ketika sedang berbicara dengan anak.

Tidak harus memiliki durasi yang lama. Waktu yang sedikit pun bisa jadi berkualitas jika dimanfaatkan dengan baik. Dengan berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga, anak bisa belajar tentang nilai keluarga. Anak juga bisa belajar mengenal siapa dirinya. Anak yang terbiasa berkumpul dan berinteraksi dengan keluarganya, akan tumbuh menjadi anak yang bahagia, ramah, adaptif, dan mudah berteman. Mereka juga akan menjadi pribadi yang menyenangkan. Dengan begitu mereka akan mudah mendapatkan teman.

Elizabeth Santosa 
Berbicara soal pola asuh, orangtua sebaiknya tahu tipikal seperti apa anak kita. Karena tiap anak memiliki keunikan tersendiri, bahkan dengan saudara kandungnya sekalipun. Menurut Elizabeth, orangtua bisa menerapkan Bahasa Kasih Anak (Love Languages of Children) yang terdiri dari;

1. Afirmasi. Menyampaikan kata-kata yang memotivasi dan mendukung.
2. Waktu berkualitas. Dengan menjadi pendengar yang baik bagi anak. Serta, menjaga kontak mata ketika berbicara.
3. Sentuhan fisik. Memberikan pelukan, belaian, dan ciuman.
4. Memberikan apresiasi. Memberikan ekspresi kebahagian dengan hadiah. Tidak perlu hadiah mahal karena yang terpenting adalah perhatiannya.
5. Melayani atau membantu. Memberikan bantuan pada anak ketika ia butuh bantuan dalam melakukan sesuatu. Namun tidak melulu selalu dibantu. Bantulah pada saat itu memang mengalami kesulitan.

Elizabeth menambahkan, jika bahasa kasih tersebut diterapkan, maka anak akan merasa dicintai dan lebih bahagia. Jika anak tumbuh dengan bahagia, maka kita sebagai orangtua pun akan merasakan kebahagiaan.

Selebritis Fahri Albar dan Mariana yang turut hadir pada conference press mengaku punya cara sendiri dalam menstimulasi River, anak sulung mereka. Di tengah kesibukannya sebagai artis, Fahri selalu menyempatkan untuk bermain bersama setiap hari. Sang Istri, Mariana juga mengaku kalau selalu memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang anak-anaknya. Membantu mereka ketika membutuhkan serta memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang mereka.

Dr. Saptawati Bardosono 
Selain bahasa kasih dan pola asuh yang memengaruhi proses tumbuh kembang anak, kesehatan anak pun memiliki peran penting dalam tumbuh kembangnya. Saluran cerna yang baik jadi peran utama dalam memegaruhi kualitas penyerapan gizi dari makanan, kecerdasan otak, dan sistem imunitas. Ahli Gizi Medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan tentang ciri pencernaan yang sehat. Ketika keseimbangan komunitas mikrobiota baik pada usus maka pencernaan pun akan sehat. Komposisi mikrobiota harus seimbang agar terjadi komunikasi timbal balik antara saluran cerna dengan otak yang mengatur fungsi kognisi, perilaku, dan karakter anak.

Dr. Saptawati menambahkan, agar anak terhindar dari ketidakseimbangan mikrobiota (disbiosis) yang dapat memengaruhi kemampuan mereka  dalam menjalankan aktivitas, anak perlu diberi nutrisi berupa bakteri baik. Bakteri baik yang dimaksud adalah Lactobacilluc Reuteri. serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral pun harus terpenuhi.



Lactogrow Happy Wonderland, Arena Bermain dan Edukasi

Stimulasi yang tepat tentu akan memengaruhi proses tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, orangtua harus kreatif dalam memberikan stimulasi untuk meningkatkan motorik dan perkembangan kognitif anak. Lactogrow tahu pentingnya stimulasi itu, makanya secara rutin Lactogrow menghadirkan wahana edukasi yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

HappyWonderland Kota Kasablanka, Jakarta 

Setelah sukses menghadirkan Happy Date with Legendaddy - Happy Beach tahun 2015 dan Happy Winter Land - Happy Bubble Park tahun 2016,  tahun ini Lactogrow hadirkan Happy Wonderland. Arena bermain bertema Wonderland ini memiliki beragam permainan edukatif dan interaktif. Tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak, orangtua pun bisa ikut berpartisipasi dalam permainan yang disediakan.

Menurut Gusti Kattani Maulani, Brand Manager Nestle Lactogrow, Happy Wonderland didesain bersama psikolog dan ahli gizi. Sehingga, semua kegiatan yang ada di arena bermain tidak hanya bersifat edukasi, tapi bisa membangun ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.

Ada permainan apa saja di Lactogrow Happy Wonderland? Ada 5 arena bermain edukatif yang bisa dinikmati oleh anak dan orangtua.

1. Happy Tummy Journey. Permainan halang rintang yang mengajak anak untuk mengenal saluran cerna yang sehat. Ada permainan 'pukul bakteri' juga yang seru.

2. Happy Step. Permainan papan seperti ular tangga yang dilengkapi dengan pesan edukatif.

Happy Step 

3. Carousel Craft. Di area ini orangtua diajak untuk bisa berinteraksi dengan anak. Membuat kerajinan tangan berupa komedi putar dari kertas. Orangtua dan anak diminta untuk bisa bekerja sama dan membantu.

4. Magical Art. Area mewarnai yang ajaib. Karena gambar yang telah diwarnai akan discan lalu akan muncul dalam layar interaktif super besar. Anak akan diajak berimajinasi menjelajah dunia wonderland.

Magical Art 

5. Fantasy Box. Ambil gambar atau berfoto pada photo booth bertema wonderland, tentu akan menyenangkan jika dilakukan bersama.

Lactogrow Happy Wonderland akan diadakan di 8 kota besar di Indonesia. Berikut ini jadwalnya :

  • Solo 25-26 Maret 2017 di Solo Square 
  • Jakarta 1-2 April 2017 di Kota Kasablanka 
  • Banjarmasin 22-23 April 2017 di Duta Mall
  • Lampung 6-7 Mei 2017 di Boemi Kedaton Mall
  • Pekanbaru 6-7 Mei 2017 di SKA Mall
  • Bekasi 13-14 Mei 2017 di Summarecon Mall Bekasi 
  • Manado 13-14 Mei 2017 di Manado Town Square
  • Malang 20-21 Mei 2017 di Malang Town Square 
Selain ada arena bermain bagi anak dan keluarga, Happy Wonderland juga memberikan hiburan dengan mendatangkan artis dan penyanyi. Happy Wonderland Jakarta menghadirkan Kahitna yang menghibur para keluarga yang hadir. Serasa kembali ke jaman sekolah, para orangtua menemani anak sambil bernyanyi bersama grup lawas yang masih eksis ini. 

Kahitna :) 
Tidak hanya menjadi arena bermain, Happy Wonderland akan menjadi arena dimana hubungan antara anak dan orangtua jadi lebih hangat dan dekat. Tentu itu akan membantu proses tumbuh kembang anak yang lebih optimal. Anak juga akan lebih dekat dengan orangtua. Membangun ikatan yang lebih kuat lewat cara-cara yang sederhana. Menyampaikan bahasa kasih dengan cara yang sederhana seperti bermain bersama. Jadi, sudahkan mom and dad bermain bersama dengan anak? 






3 komentar:

  1. anakku gk termasuk kmerin ya mau ikutan usia dah besar, waktu anak pertama sempat minum susu ini karena usia 8 bln aku dah hamil lagi (huaaa,,)samap usia setahun lbih,,tapi kemudian aku barengin ASI aku akalin masukin ke dalam botol,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mba utie pejuang ASI juga ya :)

      Hapus
  2. Anak-anak pasti senang di ajak ke Lactogrow Happy Wonderland, kalau dekat pasti saya ajakin. Biasanya saya ajak anak-anak ke taman bermain yang dekat dengan lokasi rumah saja.

    BalasHapus