Minggu, 20 Agustus 2017

Cat Lovers Day, Bukan Sekadar Pelihara Kucing



Dari sekian banyak hewan yang bisa dipelihara, kucing jadi salah satu favoritnya. Banyak orang yang jatuh cinta pada tingkah pola seekor kucing dan pada akhirnya memutuskan untuk merawatnya. Hanya sedikit sekali orang yang tidak suka pada kucing karena alasan geli dengan bulunya. 



Ada sebuah penelitian yang dilakukan yang membuktikan kalau kucing bisa membuat orang tertawa gemas. Seseorang dimasukkan ke dalam ruang kaca, beberapa saat kemudian dikeluarkanlah kucing-kucing kecil. Apa yang terjadi? Semua orang yang masuk ke dalam ruang kaca berisi kucing itu tersenyum senang, kemudian memeluk dan menciumi kucing-kucing itu. Mereka semua pun bermain sambil tertawa gembira. 


Bagi kebanyakan orang, kucing bisa menghilangkan stress. Tingkahnya yang lucu sering sekali mengundang tawa. Mungkin itu alasan kenapa banyak yang akhirnya memelihara kucing. Tidak hanya satu, bahkan ada yang memelihara belasan hingga puluhan kucing. Tidak masalah jika mampu merawat mereka dengan baik. Tidak ada kucing yang terbengkalai dan tak terurus. 

Bagi mereka pecinta kucing, pada 19 Agustus 2017 kemarin ada sebuah event dimana para pecinta kucing berkumpul. Bertempat di Function Room Gramedia Matraman, kucing-kucing lucu pun berkumpul. Banyak kucing yang didandani sehingga mereka tambah lucu dan menggemaskan. 

Acara Catlovers Day diisi dengan berbagai aktivitas. Termasuk peluncuran buku 'Solusi Permasalahan Kucing' kolaborasi antara Cacang Effendi dengan Dokter Hewan Widya Setiawati. Buku yang diterbitkan oleh penerbit Penebar Swadaya ini banyak memuat informasi seputar permasalahan kucing. Tidak hanya permasalahan kucing saja yang dibahas, tetapi solusinya pun dijabarkan oleh para penulisnya. 



Yani Trisnawati, perwakilan dari Penerbit Penebar Swadaya mengatakan kalau buku 'Solusi Permasalahan Kucing' ini dipersembahkan bagi para pecinta kucing. Ada banyak informasi penting seputar permasalahan kucing yang wajib diketahui. Memelihara kucing harus tahu do dan don'ts nya. Oleh karena itu, buku yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya ini semoga membantu siapa saja yang sedang, sudah, dan mau memilihara kucing. 

Talkshow dan Bedah Buku 'Solusi Permasalahan Kucing'

Catlover Day juga diisi dengan talkshow seputar kucing dan bedah buku 'Solusi Permasalahan Kucing' bersama para penulis bukunya. Cacang Effendi dan Drh. Widya berbagi soal apa saja yang sudah mereka tulis dalam buku. Ada sesi tanya jawab yang membuat talkshow jadi lebih berisi. Selain dua penulis yang dihadirkan, hadir juga seorang pecinta kucing, Annisa Rania Putri. Annisa hadir untuk berbagi pengalamannya dalam memelihara kucing. Menurut Annisa, memelihara kucing itu jangan karena lucunya saja atau hanya untuk dipamerkan. Memelihara kucing itu harus bertanggungjawab dan peduli pada kondisinya. 



Menurut Cacang, selaku praktisi yang memang sudah sangat berpengalaman, memelihara kucing itu harus memiliki kesabaran ekstra. Kucing itu seperti manusia yang butuh makan, tempat tinggal yang layak, dan jaminan kesehatan. Makanya, sebelum memutuskan untuk mengambil kucing sebagai hewan peliharaan, harus benar-benar yakin kalalu kita mampu merawat mereka. Kucing tidak seperti anjing yang bisa dengan mudah menurut apa yang kita katakan. Antara kucing dan pemiliknya harus punya ikatan yang kuat. Kucing harus sering diajak berbicara, sering memandangnya, mengelus atau menggendongnya. Dengan begitu, akan terjadi ikatan yang kuat antara pemilik dan kucingnya. 

Ada banyak sekali pertanyaan yang mengalir dalam sesi ini. Mulai dari kapan pemberian vaksin yang tepat pada kucing hingga masalah pakan kucing. Bagi para pecinta kucing, tentu sesi ini sangat bermanfaat sekali. Jika ingin yang lebih jelas dan lengkap, bisa dibeli saja bukunya di toko buku Gramedia terdekat. 

Games & Launching Apps Catlovers

Event Catlovers Day juga ditandai dengan peluncuran aplikasi khusus bagi para pecinta kucing. Catlovers merupakan aplikasi yang berisi informasi seputar kucing. Serba-serbi kucing bisa didapatkan lewat aplikasi ini. Apps Catlovers saat ini hanya tersedia di play store saja. Bagi para pecinta kucing, wajib punya apps ini di dalam smartphone. 



Acara makin meriah dengan diadakannya games untuk para kucing. Semua kucing yang hadir tidak melewatkan kesempatan untuk ikut serta. Para kucing ditempatkan di dalam kandang yang sudah disediakan, lalu panitia memberi makanan. Kucing-kucing lucu itu ditantang untuk menghabiskan makanan yang sudah disediakan. Pemenangnya adalah yang bisa menghabiskan makanan dengan cepat. Ada 4 kucing yang menang dan mendapatkan hadiah dari panitia. 

Sesi terakhir, diisi dengan pengenalan produk dari Purina, sebuah brand makanan kucing yang banyak dikonsumsi oleh kucing. Purina Group membagikan pengetahuan produk kepada pengunjung mengenai produk-produk (pakan) yang baik untuk hewan peliharaan khususnya kucing. 

Even Catlovers Day ini  didukung penuh oleh Purina Proplan, Purina Friskies, Purina Fancy Feast, Setia, Bhineka Catterry, Catlovers, Penebar Swadaya, Patz, Trubus.id, dan Gramedia.


8 komentar:

  1. Gemesss banget lihat mereka yang lucu..

    BalasHapus
  2. Bagi pemelihara kucing, wajib membeli buku ini dan talkshow kemarin berbobot banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ilmu yang bisa diterapkan ya teh :)

      Hapus
  3. Aku gagal fokus gegara Rania Putri, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. errrrrr..... biasa amat sihh klo liat cewek :(

      Hapus
  4. Talkshownya bagus, jadi lebih ba3tau tentang ngurus kucing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat yang punya kucing peliharaan di ruamh, talkshownya manfaat banget

      Hapus